RENCANA PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Posted: Juni 15, 2011 in Uncategorized

4.1                Program Jangka Menengah ( 3 Tahunan )

Perencanaan Jangka Menengah Desa Banjararum ( PJM Desa ) ini merupakan rencana program 3 tahunan dalam penanggulangan  kemiskinan. Program-program yang ada merupakan rencana program yang telah disusun masyarakat sendiri berdasarkan  permasalahan yang timbul dan potensi yang ada di Desa. Dalam rencana program 3 tahunan ini terdapat :

  1. Program-program penanggulangan kemiskinan di Desa Banjararum selama 3 tahun mendatang serta tahun pelaksanaannya, apakah di tahun pertama, kedua atau ketiga.
  2. Lokasi sasaran dan volume

Permasalahan kemiskinan di Desa Banjararum tidak merata dan berbeda-beda di tiap-tiap RW ataupun RT. Sehingga program yang dilakukan nantinya tidak bias dilaksananakan secara serentak dan menyeluruh karena terbatasnya biaya, tetapi hanya daerah-daerah yang dampak masalahnya sangat mendesak. Sedangkan volumenya menyesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan.

  1. Jumlah Penerima manfaat

Dalam setiap pelaksanaan program penerima manfaatnya adalah warga miskin yang ada di Desa Banjararum baik laki-laki maupun perempuan.

  1. Perkiran Biaya

Perkiraan biaya dihitung berdasarkan jumlah kebutuhan dana yang diperlukan sehingga terlaksananya program.

  1. Pelaksana dan Penanggungjawab

Pelaksana program nantinya adalah panitia yang dibentuk dengan melibatkan masyarakat dan kader-kader yang aktif dalam lembaga-lembaga yang ada di Desa Banjararum

  1. Sumberdaya

Sumberdaya pendukung terlaksananya program antara lain : Sumberdaya manusia, sumberdaya alam, sumberdaya lembaga formal atu non formal, serta sumberdaya program-program pendukung lainnya.

Rencana perencanaan jangka menengah program penanggulangan kemiskinan 3 tahunan Desa Banjararum tahun terlampir.

4.2                Rencana Aksi Penanggulangan Kemiskinan Tahunan

Rencana aksi penanggulangan kemiskinan tahunan merupakan rincian dari rencana program 3 tahunan di atas. Hanya saja di dalam rencana aksi penanggulangan kemiskinan tahunan ini terdapat rincian kegiatan dan alokasi dana dan sumber pendanaannya. Rincian kegiatan merupakan lebih kepada teknis pelaksanaan di lapangan. Rencana tahunan untuk tahun pertama merupakan rencana tahun anggaran 2007-2008, tahun kedua merupakan rencana tahun anggaran 2008-2009 dan tahun ketiga merupakan rencana tahun anggaran 2009-2010.

Lebih detail tentang rencana aksi penanggulangan kemiskinan tahunan terlampir.

Tinggalkan komentar