Rumusan Strategi dan Sasaran Penanggulangan Kemiskinan

Posted: Juni 15, 2011 in Uncategorized

3.1  Visi dan Misi

3.1.1       Visi

“ Terciptanya landasan  ekonomi masyarakat yang kuat, lingkungan yang sehat dan sejahtera dengan memberdayakan potensi yang ada“

3.1.2       Misi

  1. Membangun kembali dan menguatkan nilai-nilai sosial masyarakat: dapat dipercaya, jujur, adil, peduli serta ikhlas dalam membantu masyarakat miskin;
  2. Membangun usaha skala kecil masyarakat menuju kemandirian untuk bersaing dan mampu mengakses sumber daya ekonomi yang lebih luas;
  3. Membuka ruang-ruang kosong bagi partisipasi masyarakat dalam penaggulangan kemiskinan di wilayahnya;
  4. Memaksimalkan peran pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan yang “sadar orang miskin”;
  5. Meningkatkan pengetahuan tentang gizi balita dan ibu hamil melalui program-program yang ada;
  6. Meningkatkan taraf pendidikan masyarakat melalui program bea siswa bagi warga yang terancam putus sekolah;

g.     Meningkatkan partisipasi perempuan melalui kesehatan, pendidikan dan layanan public lainnya.

3.2          Maksud dan Tujuan

3.2.1       Maksud

Maksud dilakukan pembuatan Perencanaan Jangka Menengah (PJM) ini adalah agar :

  • Pembangunan di Desa Banjararum dapat terarah dan dilaksanakan tidak hanya terbatas pada pembangunan Tridaya (Lingkungan, Sosial dan Ekonomi) saja tetapi juga pembangunan manusia (kesehatan, pendidikan dan gizi) dan harapannya tercapainya sasaran MDG`s di Desa Banjararum.
  • Sebagai pedoman BKM Banjararum Aktif dan Masyarakat Desa Banjararum dalam melaksanakan program penanggulangan kemiskinan di wilayah Desa Banjararum
  • Sebagai dasar dalam menentukan kebijakan BKM dalam menentukan arah program penanggulangan kemiskinan di wilayah Desa Banjararum
  • Sebagai sumber informasi tentang kondisi masyarakat Desa Banjararum dan program-program penanggulangan kemiskinan berdasarkan dari hasil pemetaan swadaya masyarakat.

3.2.2       Tujuan

a.     Tujuan Jangka Panjang adalah :

  • Menetapkan program penanggulangan kemiskinan di wilayah Desa Banjararum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin.
  • Menetapkan skala prioritas program penanggulangan kemiskinan berdasarkan permasalahan, potensi dan daftar kebutuhan masyarakat.
  • Meningkatkan rasa kepedulian anggota masyarakat, sehingga tercipta rasa persaudaraan dan kebersamaan yang kokoh.
  • Membuat perencanaan yang berdasar kebutuhan riil masyarakat sehingga pembangunan yang dilakukan tepat sasaran dan memang menjadi kebutuhan masyarakat miskin.

b.        Tujuan jangka pendek adalah :

Tujuan jangka pendek PJM Desa Banjararum adalah untuk membantu mengatasi permasalahan kemiskinan dengan melibatkan peran serta masyarakat dan lembaga-lembaga yang ada didasarkan pada skala prioritas dari hasil kesepakatan bersama, sehingga mempunyai program penanggulangan yang baik, dan pada akhirnya mampu mengurangi masalah kemiskinan.

3.3    Sasaran Penanggulangan Kemiskinan

Yang menjadi sasaran dalam penanggulangan kemiskinan di Desa Banjararum  adalah :

  1. Semua keluarga miskin di Desa Banjararum yang  penghasilannya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya secara layak, yang menyebabkan :
  • Putus sekolah
  • Rumah tidak layak huni karena tidak mempunyai biaya untuk memperbaiki.
  • Tidak mampu untuk berobat jika sakit
  • Kurangnya gizi baik pada balita maupun ibu hamil
  • Lansia tidak terurus
  • Tidak punya MCK dll
  1. Pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, sosial, lingkungan dan pemukiman bagi orang miskin sehingga dapat meningkatkan IPM di Desa Banjararum
  2. Menciptakan lapangan kerja baru dengan memberikan pelatihan serta ketrampilan pada pengangguran usia produktif baik laki-laki maupun perempuan.


3.4          Perumusan Kriteria Prioritas Masalah

Melihat banyaknya persoalan kemiskinan di Desa Banjararum dengan program-program penanggulangannya, maka sangat tidak mungkin dapat diselesaikan dalam waktu yang bersamaan atau singkat. Sehingga perlu adanya kesepakatan untuk menentukan atau menetapkan permasalahan mana yang harus segera diselesaikan dan masalah mana yang penyelesaiannya bisa ditunda.

Dalam menentuan skala prioritas, lebih dulu dilakukan kajian sejauh mana permasalahan perlu ditangani lebih dulu, terutama dampak bagi warga miskin di Desa Banjararum . Selain itu juga tergantung dari jumlah dana yang dibutuhkan untuk mengatasinya dan sumberdaya yang ada di Desa.

Kriteria dalam menentukan prioritas permasalahan kemiskinan di Desa Banjararum adalah :

  1. Simpul masalah jika masalah tersebut dipecahkan ada beberapa masalah lain yang terpecahkan maka nilainya semakin besar.
  2. Kemendesakan jika masalah tersebut tidak segera ditanggulangi akan menyebabkan masalah lain yang lebih gawat maka nilainya semakin besar.

Dampak kegiatan, semakin luas dampaknya ma

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s