Kerangka LPJ

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN

BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT

  1. I.          PENDAHULUAN

Masyarakat, Pemerintah dan kelompok peduli adalah pelaku pembangunan, obyeknya adalah kegiatan, prilaku dan perbaikan sikap mental

Penanggulangan Kemiskinan sebagai proses berkelanjutan yang memerlukan peran aktif semua komponen stake holders

BKM adalah lembaga civil society yang mendapat legitimasi masyarakat untuk membawa misi penanggulangan kemiskinan

NO

URAIAN

  PENJELASAN
1. Nama BKM : Banjararum Aktif
2. Lokasi/Tempat : Desa Banjarum kec  Singosari
3. Bentuk Kelembagaan : Paguyuban/perkumpulan Warga
4. Tanggal Pembentukan : 13 Oktober 2006
5. Pencatatan Notaris : H Farchan Ismail SH
6. Jumlah Pimpinan Kolektif : 9 ( Sembilan )

 

Rembug Warga Desa (RWD) adalah merupakan forum permusyawaratan tertinggi BKM yang diadakan sekali dalam satu periode, untuk memberikan laporan pertanggung jawaban menetapkan dan atau merubah Anggran Dasar dan Anggran Rumah Tangga BKM, memilih anggota pimpinan Kolektif BKM serta agenda lain yang dianggap perlu

  1. II.    LANDASAN KEGIATAN
    1. Anggaran Dasar BKM BANJARARUM AKTIF  Bab. V  Pasal 9,10
    2. Anggaran Rumah Tangga BKM . BKM BANJARARUM AKTIF  Bab. III Pasal 4
    3. Keputusan Rapat BKM tanggal 21 Januari 2011  tentang Penyelenggaraan Rembug Warga Desa

 

  1. III.   TUJUAN

Laporan pertanggungjawaban (LPJ) Badan Keswadayaan Masyarakat Banjararum Aktif  ini di sampaikan dalam Rembug Masyarakat  tahunan tutup buku 2009/2010 untuk dijadikan bahan dalam :

  1. Memenuhi tuntutan AD-ART BKM
  2. Memberi gambaran umum kepada masyarakat tentang penyelenggaraan kegiatan dan pengelolaan keuangan BKM
  3. memilih anggota pimpinan Kolektif
  4. Mengkaji dan mengevaluasi pelaksanaan  dan kebijakan pengurus dalam menjalankan Rencana atau program – program Jangka Menengah tahun 2009– 2010
  5. Mengevaluasi hasil-hasil temuan Mengukur sampai dimana keberhasilan pengurus sebagai penerima kuasa dari masyarakat  dalam melaksanakan tugas selama  Tiga tahun kerja 2009– 2010
  6. menyusun rumusan penyelesaian, Menemukan kebijakan selanjutnya terhadap langkah – langkah yang perlu di tempuh oleh pengurus dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sebagai pijakan dalam menyusun agenda kegiatan kedepan

 

IV.  PENYELENGGARAAN KEGIATAN

  1. Struktur Kelembagaan BKM
    1. Pimpinan Kolektif BKM MANJARARUM AKTIF

(i)            peran, fungsi dan kedudukan PK-BKM

Pimpinan kolektif BKM adalah Anggota lembaga katalis yaitu ”Mengemudikan”dan tidak ”mendayung”

BKM adalah milik masyarakat, yaitu memberdayakan dan tidak melayani,

BKM didorong visi dan misi yaitu menghilangkan aturan yang kaku dan mumubazir

BKM Adalah customer driven yaitu lebih mementingkan kepentingan masyarakat dari pada birokrasi

BKM adalah lembaga desentralisasi, yaitu mengubah hirarki menjadi partisipasi dan teamwork

BKM adalah lembaga enterprise, yaitu lebih berhemat dan tidak boros uang.

(ii)           Gambar Struktur dan personalia anggota BKM

PIMPINAN KOLEKTIF BKM 1. Drs. Miftahul Arifin 2. H.M Muljadi Wahjono,BA

3. Edi Prayoga

4. Nurjanah

5. M Lutfi

6. Dewi Nur Cholifah

7. Riyadi Ms

8. Ihwan

9. Juher Effendi

SEKRETARIATDwi hariyanti
UPKSholeh BasukiRunny K
UPEPaijo
UPLAdin  P
UPSHartoyo
PPM
PENGAWAS UPK1. Rianto2. Yulistia Diah Fatmawati

3. Ririn

KSM
KSM
KSM
KSM

 

(iii)   Identitas lengkap masing-masing anggota BKM, Personalia Kesekretariatan      dan Unit-unit   

                   ANGGOTA BKM

NO

NAMA

ALAMAT J. KELAMIN POSISI
1. Drs. M Arifin Banjararum RW01 RT 04 L Koordintor
2. HM Muljadi Wahjono Banjararum RW02 RT 06 L Anggota
3. Drs. Edy Prayoga Banjararum RW 11 RT 03 L Anggota
4. M Lutfi Banjararum RW 11 RT 03 L Anggota
5. Nurjanah S.Pd Banjararum RW03 RT 02 P Anggota
6. Dewi Nur Cholifah Banjararum RW11 RT 02 P Anggota
7. Riyadi MS Banjararum RW01 RT 02 L Anggota
8. Ihwan Banjararum RW10 RT 04 P Anggota
9. Djuher Effendi Banjararum RW07 RT 03 P Anggota

 

SEKRETRIAT

NO

NAMA

ALAMAT J. KELAMIN POSISI
1. Dwi Hariyanti   SE Banjararum RW11 RT 01 P Sekretariat

 

sebagai pelaksana kebijakan dan keputusan yang telah ditetapkan oleh BKM dan untuk mempertahankan keberlanjutan dalam proses pembelajaran bagi masyarakat, BKM perlu membentuk unit-unit pengelola

yaitu : Unit Pengelola Keuangan (UPK), Unit Pengelola Lingkungan (UPL), dan Unit Pengelola Sosial (UPS).

Unit-unit pengelola ini diangkat dan diberhentikan oleh BKM melalui mekanisme rapat anggota BKM. Dalam menjalankan prinsip transparansi dan akuntabilitasnya, tiap tahun unit-unit pengelola wajib mempertanggung-jawabkan semua kerja mereka kepada BKM di dalam rapat anggota tahunan BKM.

                        UNIT PENGELOLA KEUNGAN (UPK)

NO

NAMA

ALAMAT J. KELAMIN POSISI
1. Sholeh Basuki, SE Banjararum RW11 RT 01 L UPK
2. Runny  Khairunisa Banjararum RW11 RT 05 P UPK

              

           

 

 

                          UNIT PENGELOLA LINGKUNGAN (UPL)

NO

NAMA

ALAMAT J. KELAMIN POSISI
1. Adin Prasetya Banjararum RW05 RT 01 L UPL

           

                        UNIT PENGELOLA SOSIAL (UPS)

NO

NAMA

ALAMAT

J. KELAMIN POSISI
1. Suhartoyo Banjararum RW01 RT 04 L UPS
2.

 

  1. Relawan

(i)            peran Relawan dalam mendukung kegiatan/ kelembagaan  BKM

Kerelawanan merupakan sumbangan masyarakat bagi pengembangan pembangunan masyarakat sipil. Relawan memiliki peran penting dalam pembangan terutama apabila dikaitkan dengan sector nirlaba khususnya oganisasi (LSM). Masyarakat sipil yang kuat hanya mungkin di bangun dengan dukungan keberadaan organisasi nirlaba yang berdaya dan filantropi yang efektif.

Kerelawanan juga merupakan proses pendidikan masyarakat. Tidak seorangpun bersedia menjadi relawan tanpa menayakan ”saya bekerja untuk apa? Lembaga harus menjelaskan isu apa yang sedang di perjuangkan secara menarik sehingga hati dan pikiran calon relawan menjadi terbuka  serta secara suka rela bersedia menyumbangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu lembaga mencapai visi dan misi lembaga. Relawan mempunyai peran penting dalam 1. Filantropi, 2. fundraising ( seorang relawan dapat menjadi donatur yang sangat loyal), 3. kaderisasi, 4. peningkatan akuntabilitas lembaga, dan 5. sebagai penghubung antara lembaga dan pulik (vita link)

(ii)           Identitas lengkap personalia Relawan.

NO

NAMA

ALAMAT

J. KELAMIN POSISI
1. Rianto RT 03 /  RW 11 L KSM
2. M. Sugito RT 02 / RW 09 L KSM
3. Yuniati RT 03 / RW 11 P KSM
4. Marsaid RT 04 / RW 01 L KSM
5. Yulistia df RT 03 / RW 11 P PANITIA RWD
6. Sugeng W RW 10 L KSM
7. Nawais RW 10 L PAKEM
8. Suwarno RW 10 L PAKEM
9. Su’udi RT 03 / RW 08 L KSM
10 Heni SH RT 08 / RW11 P PKK
11 Widya sudjono RT 05 / RW11 P PKK
12 Dra. Arlin M RT 04 / RW 01 KSM
13 Ir. Heri Junaedi RT 06 / RW 01 KSM
14 Tini Setyowati RT 03 / RW 11 KSM
15 Subiyanto RT 01 RW 08 TOMAS
16 H. Supardi RT 08 / RW 05 KSM
17 Ir. Sugeng Wijaya RT 08 / RW 05 KSM
18 Soeko H RT 08 / RW 11 TOMAS
19 Suhartoyo RT 04 / RW 01 PAKEM

 

  1. KSM

(i)            Posisi dan kedudukan KSM

Kegiatan-kegiatan KSM/Panitia di bawah pengelolaan UPK, UPL dan UPS yang menggunakan dana BLM dipandang sebagai alat untuk memperkuat proses belajar masyarakat sehingga pada dasarnya pemanfaatan dana tersebut lebih mencerminkan : nuansa pembelajaran, memberikan kesempatan belajar seluas-luasnya kepada warga miskin, berorientasi pada penumbuhan kepercayaan dan rasa tanggung jaw

(ii)           Identitas KSM

 

NO. NAMA KSM TGL BERDIRI ALAMAT JML. ANGGOTA NAMA KETUA
DUSUN RT RW MISKIN NON
1 BANJARAKTIF3   07/10/2007 KARANGLO 04 03 4 1 Nurjanah SPd
2  TANGKAS 04/11/2007  KARANGLO  01  02  3  2 Alfan
3  DEMANG INDAH  08/10/2007  MONDOROKO  08  05  5 2 Sugeng Wijaya
4  MAWAR   07/10/2007  TANJUNG 03  11  5  0 Luluk Renaningtiyas
5  ANGGREK  07/10/2007  KARANGLO 06  03 Indah Wahyuningsih
6  SEHAT 1  07/10/2007  KARANGLO  02  10  4 1  Ela Herawati
7  HARAPAN  07/10/2007  KARANGLO  06  01  5  1  Balok Sukirman
8  MEGAH 2     Rianto
9  TANGKAS  07/10/2007  KARANGLO  02  01  5  1 Riyadi MS
10  CERDAS  04/11/2007   KARANGLO  01 02  4  1  Jauharoh
11  SIAGA 1  04/11/2007  KARANGLO  01  01  5  1  Dra. ArlifMutantinah
12  PINTAR  04/11/2007   KARANGLO  04  03  4  1  Nurjannah
13  TRAMPIL  04/11/2007    KARANGLO  02  04  4  1  Srihastuti
14  MELATI  02/05/2008  MONDOROKO  01  14  7  1  Agnita Suharto
15  MONDOROKO  04/11/2007  MONDOROKO  02  05  6  2  Sugeng Wijaya
16  MEGAH 1  01/07/2008  TANJUNG  01  11  7  1  Moch Solichin
17  SEHAT 2  10/05/2008  KARANGLO 06  03  4  1  Indah Wahyuningsih
18  SIAGA 2  03/05/2008  KARANGLO  02  10  4  1  Ella Herawati
19  SEJAHTERA              13/10/2008  TANJUNG  03  08  4  1  Su’udi, Spd
20  SEHAT  10/10/2008  TANJUNG  02  11  5  1  M Gatot
21  BAHAGIA  Rianto
22  LANCAR  13/10/2008  TANJUNG 03  07  6  1  Drs. Djuher Effendi
23  MAWAR  11/08/2008  MONDOROKO  08  05  6  3  H. Supardi
24  JAMBE  13/05/2008   KARANGLO  01  04  4  4  Alexander Uno
25  MELATI  01/09/2008    KARANGLO  04  01  4  1  Suhartoyo
26  ANGGREK  Sugito
27  ARUS  Yatiman

 

  1. Pelaksanaan kegiatan periode tahun 2007 s.d 2010

AUDIT BKM

NO

TANGGAL PELAKSANAAN

HASIL

AUDITOR
1. 19 -07-2001 Kegiatan catatan akuntansi telah di laksanakan dengan Cukup Baik LAAM UN WIDYA GAMA MALANG
2. 19-11-2005 Untuk Lap Keu yang berakhir 31 Desember 2001 Belum sesuai dengan manual proyek Untuk Lap Keu per 31 Desember 2002 s/d 31 Desember 2004 Sesuai dengan manual proyek LPM UNMER MALANG
3. 28-11-2007 Lap Keu disajikan secara Wajar per 31 Desember 2005 dan 2006 LPM UNMER MALANG
4 25-10-2008 Lap Keu yang berakhir 31 Desember 2007 di sajikan secara Wajar Kecuali Piutang LPM UNMER MALANG
5 10-06-2009 Lap  keu di sajikan Secara Wajar per 31 Desember 2008 sesuai dengan Prinsip Akuntansi yang berlaku Umum LPM UNMER MALANG
6 29-05-2010 Lap  keu di sajikan Secara Wajar per 31 Desember 2009 sesuai dengan Prinsip Akuntansi yang berlaku Umum LPM UNMER MALANG

 

 LPJ TAHUNAN

NO

TANGGAL PELAKSANAAN

HASIL

KETERANGAN
1. 30 -10-2001 Dapat Diterima Lpj Tahunan
2. 31-12-2005 Dapat Diterima  Lpj Tahunan
3. 10-01-2008 Dapat Diterima Lpj Tahunan
4 28-12-2008 Dapat Diterima Lpj Tahunan
5 20-12-2009 Dapat Diterima Lpj Tahunan
6 06-02-2011 Dapat Diterima Lpj Tahunan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEPUTUSAN BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT (BKM) 

“BANJARARUM AKTIF”

DESA BANJARARUM KECAMATAN  SINGOSARI

TENTANG :

PENETAPAN PANITIA REMBUG WARGA TAHUNAN BKM BANJARARUM

 TAHUN 2010

 

Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Banjararum Aktif Desa Banjararum Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, setelah :

Menimbang :

  1. Untuk membangun social control oleh masyarakat dan meningkatkan kinerja Badan Keswadayaan Masyarakat “Banjararum Aktif” dipandang perlu segera menetapkan Panitia Rembug Warga Tahunan.
  2. Bahwa kepanitian Rembug Warga Tahunan perlu dibentuk untuk menjalankan tugas operasional kepanitian dan terlaksananya RWT dengan baik dan lancar.

Mengingat :

  1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga BKM Banjararum Aktif  Desa Banjararum
  2. Keputusan pertemuan pada tanggal 21 Januari 2011

Memperhatikan :

Hasil Keputusan pertemuan  pada tanggal 21 januari 2011 Tetang Penetapan Panitia Rembug Warga dan Pemilihan PK-BKM Banjararum Aktif tahun 2011 -2013

Maka dengan senantiasa memohon Rahmat dan Petunjuk Allah SWT

Memutuskan :

Menetapkan :

  1. Susunan Panitia Rembug Warga Tahunan BKM Banjararum Aktif (terlampir)
  2. Panitia  Rembug Warga Tahunan wajib memberi laporan pelaksanaan RWT kepada BKM Banjararum Aktif
  3. Panitia Rembug Warga diberi kewajiban, hak dan kewenangan penuh untuk mengambil kebijakan-kebijakan dalam pelaksanaan RTW Pemilihan PK-BKM 2010-2013, dengan tetap berpedoman pada AD/ART BKM Banjararum Aktif dan musyawarah mufakat.
  4. Surat Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dan berakhir sampai dengan terlaksananya LPJ BKM.

 

Ditetapkan di            : Desa Banjararum Pada Tanggal : 21 Januari 2011

Pimpinan Kolektif BKM Banjararum Aktif

H.M Muljadi Wahjono,BA

Koordinator BK

BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT

BKM “ BANJARARUM AKTIF” DESA/ KELURAHAN BANJARARUM

 

KEC. SINGOSARI KAB./ KOTA Malang

Sekretariat ; Perum Banjararum Aktif L12 Rt 01 RW 11 Telp. 03412849435 ……………………..

 

SUSUNAN PANITIA

REMBUG WARGA DESA

 

Ketua                         : Ihwan

Wakil Ketua              : M. Arifin

Sekretaris                  : Yulistya Diyah Fatmawati

Bendahara              : Dwi Hariyanti

Pokja Audit & LPJ BKM      : Ketua Pokja           : Sudarwanto

Sekretaris Pokja     : Edi Prayoga

Pokja Program kerja         : Ketua Pokja           : Riyanto

& RAPB – BKM                        Sekretaris Pokja     : Sri Hastutik

Pokja Amandemen          : Ketua Pokja           S Basuki

AD/ART                                   Sekretaris Pokja     : Lutfi

Pokja Pemilihan PK-BKM  : Ketua Pokja           : Riadi. MS

Sekretaris Pokja     : Hartoyo

Pokja Kebijakan BKM        : Ketua Pokja           : Paijo

Sekretaris Pokja     : Nurjanah

Ditetapkan di       : Banjararum

Pada Tanggal     : 21 Januari 2011

Panitia Pelaksanan

Rembug Warga Desa

 

 

 

 

 

                                                                        Ihwan

 

 

 

DAFTAR PESERTA

REMBUG WARGA TAHUNAN (RWT) TAHUN 2010

BKM “BANJARARUM AKTIF” DESA BANJARARUM

KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG

NO UTUSAN DAN UNDANGAN DARI UNSUR JUMLAH KETERANGAN
1 PJOK KECAMATAN 1
2 KORKOT KABUPATEN MALANG 1
3 FASKEL 5
4 KEPALA DESA DAN PAMONG DESA 1
5 B P D 1
6 L P M D 1
7 PKK 2
8 UPL,UPS, UPE,  DAN UPK 4
9 KSM DESA BANJARARUM 15
10 TOKOH MASYARAKAT 2
11 UTUSAN/PERWAKILAN RT DAN RW 8
12 BKM DESA BANJARARUM AKTIF 9
J U M L A H 50

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JADWAL ACARA

REMBUG WARGA TAHUNAN (RWT) TAHUN 2010

BKM “BANJARARUM AKTIF” DESA BANJARARUM

KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG

NO HARI/TANGGAL WAKTU JENIS KEGIATAN PELAKSANA
1 MINGGU, 16 JAN 2011 08.30 – 9.00 PEMBUKAAN

  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  • Laporan Ketua Panitia
  • Sambutan PJOK Kecamatan
  • Sambutan Korkot Kab. Malang
  • Sambutan Wakil PK-BKM “Banjararum Aktif” Periode 2007-2010

 

PanitiaPetugasIhwan
09.00 – 09.30 Pembukaan Sidang Pleno ke-1

  • Penyerahan daftar hadir
  • Pengesahan peserta Sidang
  • Pembacaan SK Panitia RWT 2010
  • Pengesahan Pimpinan Sidang
  • Pembacaan dan Pengesahan Tata Tertib Rembug Warga 2010
  • Pembacaan dan Pengesahan Tata Tertib Pemilihan PK-BKM th 2011-2013

 

Panitia
09.30 – 10.30
  • Laporan Pertanggungjawaban BKM “Banjararum Aktif” 2010
  • Pandangan Umum
  • Tanggapan
  • Pengesahan LPJ BKM “Banjararum Aktif”

 

 BKMPeserta

BKM

10.30 – 10.45 Rehat / Coffebreak
10.45 – 11.30
  • Pembahasan Anggaran Dasar (AD)
  • Pembahasan Anggaran Rumah Tangga (ART)
  • Pengesahan AD/ART

 

 BKM
11.30 – 13.00 Sidang Pleno Ke-2Pemilihan PK-BKM Periode 2011-2013

  • Pencontrengan
  • Perhitungan Suara
  • Pembacaan hasil Perhitungan Suara

 

Panitia
13.00 – 13.30
  • Ishoma
  • Sementara PK-BKM Periode 2011 – 2013 Terpilih mengadakan pemilihan Koordinator PK-BKM Periode 2011-2013

 

 Petugas+BKM Terpilih
13.30 – 14.00
  • Pembacaan Ikrar PK-BKM Terpilih
  • Pengesahan PK-BKM Periode 2011-2013
  • Pembacaan Keputusan Koordinator Terpilih
  • Penutup / Doa

 

Panitia

 

 

TATA TERTIB REMBUG WARGA

BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT (BKM)

 “BANJARARUM AKTIF”

DESA BANJARARUM  KECAMATAN SINGOSARI

TAHUN 2010

 

Pasal 1

REMBUG WARGA

Rembug  Warga dalam rangka LPJ BKM tentang segala hal berkenaan kegiatan dan keuangan yang telah diaudit oleh Auditor Independen, Pengesahan PJM Pronangkis, Pengesahan Anggaran Dasar BKM dan pemilihan Anggota BKM Baru

 

Pasal 2

PESERTA REMBUG

Peserta Rembug Warga berjumlah 50  orang Peserta Rembug terdiri dari

  1. Tokoh dan Kader Masyarakat
  2. Anggota BKM
  3. Perwakilan KSM
  4. Perwakilan Tim Pemetaan Swadaya (PS)UP
  5.  Perwakilan Ketua RW
  6. Perwakilan Pemerintahan Desa Banjararum
  7. BPD
  8. Undangan lainnya (PJOK, Korkot, Fasilitator dll)

 

Pasal 3

Quorum

  1. Rembug Warga bisa dimulai, apabila jumlah yang hadir dari undangan telah mencapai quorum
  2. Rembug dianggap quorum, apabila :

 

  1. Dihadiri sekurang-kurangnya setengah ditambah satu
  2. Bila jumlah yang hadir tidak mencapai quarum, maka Rembug ditunda 2 x 10 menit
  3. Bila setelah penundaan, quarum tetap tidak terpenuhi, maka panitia Rembug menawarkan kepada peserta yang hadir untuk melanjutkan atau menunda pelaksanaan Rembug

 

Pasal 4

FUNGSI DAN TUGAS REMBUG WARGA

Fungsi dan Tugas Rembug Warga, antara lain :

  1. Menilai Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) BKM yang dilakukan sekurang-kurangnya sekali dalam satu tahun
  2. Memilih, Mengangkat dan memperhentikan Anggota BKM Banjararum Aktif
  3. Menetapkan dan mengesahkan AD/ART
  4. Menetapkan dan mengesahkan Perencanaan Jangka Menengah Program penganggulangan kemiskinan (PJM Pronangkis) yang dibuat sebagai dasar bagi BKM dalam menjalankan kegiatan tiga tahun tahun mendatang, Hasil review Keuangan.

Pasal 5

HAK PESERTA REMBUG

Setiap peserta Rembug berhak mengeluarkan pendapat baik lisan maupun tertulis

Pasal 6

PIMPINAN SIDANG

  1. Rembug Warga dilaksanakan secara kolektif (Presidium), terdiri dari unsur panitia dan peserta yang dipimpin oleh pimpinan sidang/dewan sidang.
  2. Pimpinan sidang berwenang mengatur dan memimpin jalannya sidang rembug dengan tidak melanggar tata tertib ini.

Pasal 7

TEKNIS PEMBAHASAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

  1. Dilaksanakan secara langsung, bebas, tertib dan bertanggungjawab
  2. Setiap utusan warga peserta rembug mempunyai hak untuk menyampaikan pendapatnya
  3. Anggota BKM wajib memberikan penjelasan sesuai permintaan Rembug warga.

Pasal 8

KRITERIA CALON ANGGOTA BKM

  1. Bertaqwa, adil, bijaksana, jujur dan ikhlas serta tidak menerima honor
  2. Berpendidikan, berwawasan  baik dan bertanggungjawab
  3. Punya ketrampilan, kreatif dan inovatif
  4. Demokratis, terbuka dan mampu bekerjasama dengan berbagai pihak
  5. Mau dan mampu serta peduli terhadap kemiskinan dan kesejahteraan
  6. Tidak merangkap jabatan pada lembaga social kemasyarakatan lainnya
  7. Tidak bermasalah pada program-program yang sejenis terdahulu

Pasal 9

TEKNIS PEMILIHAN ANGGOTA BKM

  1. Jumlah anggota BKM masa bakti tahun 2011 – 2013 sebanyak 9 orang dengan mempertimbangkan keterwakilan perempuan minimal sebanyak30 %.
  2. Jumlah anggota BKM masa bakti tahun 2011 – 2013 terdiri dari 5 anggota BKM lama dan 4 anggota BKM baru hasil pemilihan.
  3. 5 anggota BKM lama dipilih berdasarkan  Keaktifan yang dilakukan dan diputuskan secara Musyawarah mufakat secara otomatis menjadi PK – BKM Periode 2011 – 2013.
  4. Pemilihan 4 anggota BKM baru dilakukan secara langsung, bebas dan rahasia
  5. Pelaksanaan pemilihan dilaksanakan melalui pungutan suara tertutup (voting)
  6. Calon anggota BKM baru adalah perwakilan dari tiap-tiap RT yang telah dijaring menjadi maksimal 1 orang sebagai perwakilan dari tiap RW.
  7. Anggota BKM terpilih ditetapkan berdasarkan ranking peroleh suara.

Pasal  10

PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Semua pengambilan keputusan didasarkan atas musyawarah untuk mencapai mufakat, kecuali pada pemungutan suara pemilihan anggota BKM

 

Pasal 11

ATURAN TAMBAHAN

  1. Hal-hal yang belum diatur dalam tata tertib ini diputuskan oleh Rembug Warga
  2. Tata Tertib ini dibuat dan ditandatangani di Desa Banjararum pada tanggal sebagaimana yang telah ditetapkan,  yang masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama

 

Ditetapkan di : Desa Banjararum

Pada tanggal : 21 Januari 2011

Pimpinan Sidang

( Ihwan )

TATA TERTIB PEMILIHAN PIMPINAN KOLEKTIF

BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT BANJARARUM AKTIF

PNPM-P2KP DESA BANJARARUM TAHUN 2011

Pasal 1

KETENTUAN UMUM

 

1)    Pemilihan Pimpinan Kolektif BKM-BA di Desa Banjararum Kecamatan Singosari Kabupaten    Malang diselenggarakan berdasarkan : Utusan dari Rukun Warga , Pedoman Umum PNPM-P2KP atau PNPM Mandiri Perkotaan, dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dikeluarkan KMW Propinsi Jawa Timur.

2)    Pemilihan Pimpinan Kolektif BKM Banjararum tingkat Desa Banjararum dapat dilaksanakan bila calon yang bersangkutan secara administratif berada di Wilayah Desa Banjararum

3)    Jumlah utusan warga yang mempunyai hak pilih dan dipilih dalam pemilihan Pimpinan Kolektif di Tingkat Desa Banjararum sebanyak  14 orang.

4)    Peserta rembug warga pemilihan Pimpinan Kolektif BKM-BA, terdiri dari : Perwakilan RW terpilih dan Undangan lainnya sebagai peninjau

5)    Jumlah anggota Pimpinan Kolektif BKM-BA Desa Banjararaum ditetapkan sebanyak 9 orang.

Pasal 2

PESERTA REMBUG PEMILIHAN

 

Peserta rembug pemilihan Pimpinan Kolektif BKM-BA Desa Banjararum terdiri atas :

1)    Utusan warga tingkat RW

2)    Undangan, yang terdiri dari PJOK Kecamatan, Kepala Desa Banjararum, BPD, LPMD, RW, PKK, TOMAS, dan warga miskin (KSM).

Pasal 3

KRITERIA PEMILIHAN PIMPINAN KOLEKTIF BKM

 

Pemilihan Pimpinan Kolektif BKM-BA dilakukan berdasarkan utusan dari RW dan  50 % pengurus lama yang masih aktif untuk menjadi pengurus periode 2011/ 2013 dengan berdedikasi tinggi dan peduli terhadap masyarakat miskin serta :

  1. Jujur
  2. Ikhlas
  3. Adil
  4. Dipercaya
  5. Kebersamaan/kesetaraan
  6. Mengetahui keberadaan lembaga

Pasal 4

KEWAJIBAN DAN HAK PESERTA REMBUG WARGA

                                                                                   

Setiap peserta rembug pemilihan Pimpinan Kolektif BKM-BA mempunyai kewajiban sebagai berikut :

  1. Mengisi daftar hadir yang disiapkan oleh Panitia
  2. Mengikuti semua acara sampai selesai
  3. Menjaga ketertiban, kelancaran dan kesopanan dalam pelaksanaan rembug
  4. Mematuhi semua ketentuan yang ditetapkan oleh pimpinan sidang

 

Pasal 5

TATA CARA PEMILIHAN

 

Pemilihan Pimpinan Kolektif BKM-BA dilakukan secara langsung dan tertutup, dengan mekanisme sebagai berikut :

  1. Utusan dari Rukun Warga yang telah mengisi daftar hadir
  2. Setiap pemilih menulis nama calon yang telah ditetapkan oleh pimpinan sidang
  3. Memasukkan kertas suara dalam kotak yang telah disediakan

 

 

Pasal 6

TATA CARA PERHITUNGAN SUARA

 

Perhitungan suara dilakukan apabila semua utusan Rukun Warga selesai menggunakan hak pilih dan dipilih dengan cara sebagai berikut :

  1. Kertas suara yang berada di dalam kotak diambil satu persatu oleh petugas dan langsung dibacakan dihadapan warga yang hadir
  2. Jumlah suara ditabulasi di kertas plano dan dijumlah sesuai hasil perolehan yang dicapai
  3. Dirangking sesuai jumlah anggota Pimpinan Kolektif BKM-BA, yaitu : 9 orang.

 

Ditetapkan di : Desa Banjararum

Pada tanggal : 21 Januari 2011

Pimpinan Sidang

( Ihwan )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. V.    PENGELOLAAN KEUANGAN
    1. Pagu DanaBLM, serta alokasi pemanfaatnya (BOP, Fisik, Sosial, Ekonomi).

 

  1. Rekapitulasi pencairan dana ke KSM per bulan ( Bulan apa, kepada berapa KSM, berapa jumlah nilai Rupiahnya )
  2. Nama-nama KSM yang baik (KSM apa, alamatnya dimana, Kapan berdirinya, ketuanya siapa, bagaimana kegiatan utamanya)
  3. Daftar Tunggakan dan Kemacetan KSM (Berapa besar pinjaman, Kapan tanggal Jatuh tempo, Berapa masa/ lama tunggakan, berapa besar nilai tunggakan, berupa jumlah anggota KSM yang menunggak, periode pinjaman yang keberapa dll)
  4. Dilampiri beberapa pembukuan UPK ( Neraca & Laba Rugi )

 

VI.  TEMUAN DAN ALTERNATIF PENANGANAN

  1. Bagaimana kegiatan sosialisasi, siapa yang terlibat, apa kendalanya dan bagaimana solusinya
  2. Bagaimana kondisi BKM, UPK, Sekretariat, apa kendalanya dan bagaimana alternatif penyelesainya
  3. Bagaimana KSMnya, tingkat kemacatan dan kelancaran, strategi penangnanan kredit macet dll
  4. Bagaimana Program-programnya, RAPBnya dan Tehnis pelaporannya (Ada atau tidak ada) bagaimana solusinya.
  5. Bagaimana Hubungan BKM dengan Pemerintah Desa dan Lembaga lain
  6. Bagaimana Peran dan fungsi Relawan, apakah sudah terbentuk KBK dll (Dulu, saat ini dan harapan yang akan datang)
  7. Bagaimana transparansinya ? apakah sudah diumumkan di media Warga (melalui majlis rutin warga, papan pengumuman dll)

 

VII. REKOMENDASI DAN SARAN

Memberikan gambaran tentang harapan-harapanya, kepada PK-BKM mendatang, Kepada KSM, Kepada Perangkat Desa, Kepada Lembaga lain, Kepada Konsultan, Kepada Pemerintah Daerah dll, tentang langkah-langkah perbaikan untuk meminimalisir permasalahan.

  1. PENUTUP

 

Lampiran ;

  1. Hasil Audit  BKM
  2. Anggaran Dasar BKM yang tercatat di Notaris
  3. Peraturan-peraturan BKM yang ada
  4. Foto Kegiatan BKM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s